Tuesday, December 20, 2016
Car Launcher Pro Apk download v1 5 1 Latest Version For Android
Car Launcher Pro Apk download v1 5 1 Latest Version For Android
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 03
Satuan Pendidikan : SMP/Mts
Mata Pelajaran : IPA
Kelasa / Smester : VII / 1
Topik : KLASIFIKASI BENDA
Sub Topik : ZAT PADAT, ZAT CAIR DAN GAS(ke-3)
Alokasi Waktu : 2 JP [ 2 x 40 Menit ]
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat:
1. Melalui pengamatan lingkungan sekitar, peserta didik dapat membedakan benda hidup danbenda tak hidup sebagaiciptaan Tuhan.
2. Melalui pengamatan lingkungan sekitar,peserta didik dapat mengembangkan keterampilan perilaku rasa ingintahu, teliti, jujur, tekun, tanggungjawab, mengagumi keteraturan dan kompleksitas dalam mengelompokan benda tak hidup melalui kegiatan pengamatandan observasi.
3. Melalui pengamatan sekelompok benda, pesertadidik dapat mengidentifikasi benda-benda tak hidup berdasarkan sifatnya dengan cermat dan teliti.
4. Melalui pengamatan sekelompok benda, peserta didik dapat membedakan ciri-ciri zat padat, zat cair dan zat gas.
5. Berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki oleh zat, peserta didik dapat menjelaskan sifat yang dimiliki zat cair
6. Ditunjukkan reaksi fotositesis, peserta didik dapat menjelaskan zat gas yang terdapat dalam reaksi tersebut.
7. Ditunjukkan sebatang rokok, peserta didik dapat menjelaskan asap rokok termasuk gas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.
B.KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup.
C. INDIKATOR
1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitasbenda tak hidup sebagaiciptaan Tuhan
2. Menunjukkan sikap teliti, cermat, tekun, kritis dan bertanggungjawab ketika melakukan pengamatan benda tak hidup sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
3. Mengidentifikasi benda - benda tak hidup berdasarkan sifat yang dimiliki.
4. Mengklasifikaskan benda berdasakan sifat yang dimiliki.
5. Menjelaskan sifat-sifat yang dimiliki zat padat, zat cair dan zat gas.
6. Menjelaskan zat gas yang ada dalam proses fotosintesis.
7. Memberi contoh zat gas yang berbahaya bagi kesehatan manusia.
D. MATERI
1. Tuhan telah menciptakan alam semesta ini dengan sempurna, seperti air, udara, batuan, dan berbagai macam mineral yang terdapat dalam perut bumi. Oleh karena itu, kalian wajib selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan kalian sebagai makhuk yang paling sempurna. Kalian jugawajib menjaga alam semesta ini agar tetap lestari dan tidak dicemari oleh berbagai macam zat berbahaya yang dapat merusak lingkungan. Karena itu kalian harus bersungguh-sungguh mempelajari karakteristik benda-benda di sekitar kalian kemudian mengklasifikasinya berdasarkan sifat-sifat benda-benda tersebut.Zat adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang.Zat dikelompokkan menjadi tiga wujud yaitu: padat,cair dan gas.
2. Air, udara, batuan dan berbagai macam mineral yang terdapat dalam perut bumi termasuk benda tak hidup atau benda mati yang mempunyai sifat-sifat berbeda.
3. Benda-benda tak hidup berdasarkan wujudnya dikelompokkan menjadi zat padat, zat cairdan zat gas.
4. Asap rokok merupakan salah satu contoh gas yang berbahaya bagi kesehatan, karena asap rokok yang terhisap oleh orang lain yang tidak merokok maka orang tersebut bisa menjadi perokok pasif.
5. Tabel Perbedaan sifat zat Padat, zat cair dan gas.
Zat Padat | Zat Cair | Zat Gas |
Bentuk dan volume tetap | Bentuk tidak tetap tergantung media yang digunakan, volume tetap | Tidak mempunyai bentuk dan volume tertentu |
Jarak antar partikel sangat rapat | Jarak antar partikel lebih renggang | Jarak antar partikel sangat renggang |
Partikel-Partikel zat padat tidak dapat bergerak bebas | Partikel-partikel zat cair dapat bergerak namun terbatas | Partikel-partikel gas dapat bergerak bebas |
o
Gambar : Molekul-molekul zat padat
Gambar: Molekul-molekul zat cair